Manajemen humas adalah proses penelitian , perencanaan , dan pengevaluasi suatu kegiatan komunikasi yang di sponsori oleh organisasi
CIRI-CIRI PUBLIC RELATIONS
1.PR melibatkan manajemen problem atau manajemen isu2.PR membantu manajemen agar tetap responsif dan mendapat informasi terkini tentang opini public
3.PR mendefinisikan dan menekankan tanggung jawab manajemen untuk melayani kepentingan public
4.PR membantu manajemen tetap mengikuti perubahan dan memanfaatkan perubahan secara efektif.(dalam hal ini, PR sebagai system peringatan dini untuk mengantisipasi arah perubahan (trends))
5.PR menggunakan riset dan komunikasi yang sehat dan etis sebagai alat utamanya
TAHAPAN MANAJEMEN PUBLIK RELATIONS
1.PERENCANAAN (PLANNING )
2.PENGORGANISASIAN (ORGANIZING)
3.PENYUSUNAN FORMASI (STAFFING)
4.MEMIMPIN (LEADING)
5.PENGAWASAN (CONTROLLING)
PERAN PR DALAM MANAJEMEN SUATU ORGANISASI
1.MENGEVALUASI SIKAP / OPINI PUBLIK
2.MENGIDENTIFIKASI KEBIJAKAN & PROSEDUR ORGANISASI/PERUSAHAAN DGN KEPENTINGAN PUBLIKNYA
3.MERENCANAKAN & MELAKSANAKAN PENGGIATAN AKTIFITAS PR/HUMAS
PERANAN PR DALAM SUATU ORGANISASI
(inward looking & outward looking)
1.PENASEHAT AHLI (EXPERT PRESCRIBER)
2.FASILITATOR KOMUNIKASI (COMMUNICATION FASILITATOR)
3.FASILITATOR PROSES PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING PROCESS)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar