PENULISAN NASKAH
PR
Press release adalah informasi dalam bentuk berita yg di
buat oleh public relations suatu organisasi atau perusahaan yang di sampaikan
kepada pengelolah pers atau redaksi media massa (TV,Radio,Surat Kabar dan
majalah)
Bivins mengatakan meskipun semua press release yg di buat
PR Memiliki format yg sama sebenarnya memiliki perbedaan penekanan pada
informasinya yaitu
1.Basic press release mencakup beberapa informasi yg
terdapat di dalam suatu organisasi atau perusahaan yg memiliki berbagai nilai
berita untuk media local ataupun nasional .
2.Product release mencakup transaksi tentang target suatu
produk khusus atau produk regular lainnya untuk suatu publikasi perdagangan
didalam suatu industri
3.Financial release digunakan terutama dalam membina
hubungan dengan pemenang saham.
Press release atau New release merupakan kegiatan yg aling
banyak di lakukan oleh praktisi PR untuk ublikasi melalui media massa
cetak(surat kabar dan majalah) dan media massa elektronik (TV & Radio)
Pada dasarnya PR harus memahami gaya jurnalistik dalam
mengirim press release selain itu informasi press release harus memiliki nilai
berita
Penulisan press release layak muat apabila cara menulisnya
seperti halnya wartawan menulis berita langsung dengan gaya piramida terbalik
di mulai dengan membuat lead?teras berita/kepala berita sebagai paragraph
pertama yg mengandung unsure 5W+1H
-What : apa yang terjadi
-Where : dimana terjadinya
-When : kapan peristiwa itu terjadi
-Who : siapa yang terlibat
-Why : mengapa peristiwa itu terjadi
-How : bagaimana peristiwa itu terjadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar