INTERNAL PUBLIC RELATION
Kegiatan internal Public
Relations adalah kegiatan yang ditujukan untuk internal publik organisasi /
perusahaan. Publik internal adalah semua elemen yang mempengaruhi secara
langsung dalam keberhasilan perusahaan, seperti karyawan, manajer, supervisor,
pemegang saham, dewan direksi perusahaan dan sebagainya.
Melalui kegiatan
Internal Public Relations diharapkan dapat memenuhi kebutuhan internal dan
kepentingan umum dari organisasi / perusahaan. Dengan hubungan yang harmonis
antara pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan itu akan menciptakan iklim
kerja yang baik. Dengan demikian operasi perusahaan akan berjalan dengan
lancar.
Kegiatan hubungan
internal yang dilakukan oleh Petugas Hubungan Masyarakat, yaitu :
Hubungan dengan karyawan (employee relations)
Sebuah PR harus dapat
berkomunikasi dengan semua tingkatan karyawan baik secara formal maupun
informal untuk menentukan kritik dan saran yang dapat dipertimbangkan dalam
pembuatan kebijakan dalam organisasi / perusahaan mereka.
Sebuah PR harus mampu
menjembatani komunikasi antara manajemen dan karyawan. Karena program memegang
hubungan karyawan diharapkan akan mengarah pada hasil positif yang karyawan
merasa dihargai dan dirawat oleh perusahaan. Sehingga tercipta rasa memiliki
(sense of belonging), motivasi, kreativitas dan ingin mencapai performa
maksimal.
Hubungan dengan pemegang saham (stockholder relations)
Sebuah PR juga harus
mampu membangun hubungan yang baik dengan pemegang saham, dan mampu
berkomunikasi apa yang terjadi dalam organisasi / perusahaan. Karena sebagai
penyandang dana, mereka harus selalu tahu perkembangan perusahaan secara
transparan dalam rangka meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam perusahaan.
Dengan demikian akan menghilangkan kesalahpahaman dan kecurigaan terhadap
perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar