Community Relations
Pengertian
Community relations
adalah upaya membina hubungan harmonis antara perusahaan/organisasi dengan
komunitas masyarakat untuk meningkatkan kepedulian sosial dan saling
pengertian. Community Relations pada dasarnya adalah kegiatan public relations,
maka langkah-langkah dalam proses public relations pun mewarnai langkah-langkah
dalam community relations. Mengingat community relations berhadapan langsung
dengan persoalan – persoalan sosial yang nyata dihadapi komunitas sekitar
organisasi melalui pendekatan community relations, organisasi bersama-sama
dengan komunitas sekitarnya berusaha untuk mengidentifikasi, mencari solusi dan
melaksanakan rencana tindakan atas permasalahan yang dihadapi. Dalam hal ini fokusnya
adalah permasalahan yang dihadapi komunitas. Bukan permasalahan yang dihadapi
organisasi. Namun dampak dari penyelesaian permasalahan yang dihadapi komunitas
itu akan dirasakan juga oleh organisasi, mengingat program-program community
relations pada dasaranya dikembangkan untuk kepentingan bersama organisasi dan
komunitas.
Unsur-unsur Community
Relations
Kesejahteraan
komersial
Dukungan agama
Lapangan kerja
Fasilitas pendidikan
yang memadai
Hukum, ketertiban dan
keamanan
Pertumbuhan penduduk
Perumahan beserta
kebutuhannya yang sesuai
Perhatian terhadap
keselamatan umum dan penanganan kesehatan yang progresif
Kesempatan bereaksi
dan berkebudayaan yang bervariasi
Manfaat Community
Relations
-Komunitas pada
organisasi
– Reputasi dan citra
organisasi yang lebih baik
– Memanfaatkan
pengetahuan dan tenaga kerja lokal
– Menarik tenaga kerja,
pemasok, pemberi jasa dan mungkin pelanggan lokal yang bermutu.
Organisasi pada
Komunitas
– Peluang penciptaan kesempatan kerja, pengalaman
kerja dan pelatihan
– Pendanaan investasi komunitas dan
pengembangan infrastuktur
Contoh Kegiatan
Community Relations
Aktivitas Kepedulian
Sosial Toyota di Indonesia
Untuk meningkatkan
performa kontribusi di bidang komunitas, Toyota Indonesia mendirikan departemen
Community Relations dan Community Development dalam struktur organisasi.
Kegiatan-kegiatan dalam bidang ini umumnya terbagi dalam empat kelompok besar,
yaitu infrastruktur, kesehatan dan kebersihan, kegiatan keagamaan, dan
pemberdayaan masyarakat. Seluruh kegiatan kami didesain untuk meningkatkan
taraf hidup komunitas sekitar Toyota.
Kegiatan-kegiatan
Community Relations dan Community Development Toyota Indonesia di antaranya
adalah:
1. Infrastruktur
a. Renovasi gedung
sekolah
b. Renovasi jalan
c. Pembangunan
penerangan jalan
d. Renovasi rumah
tinggal
e. Lain-lain
Tidak ada komentar:
Posting Komentar